Seri Menulis Cerpen (5): Aku atau Dia Pelaku dalam Cerpen

Oleh : Endang Kasupardi

Aku artinya kata ganti orang pertama yang berbicara atau yang menulis dalam ragam akrab; diri sendiri; saya. Sedangkan pelaku artinya orang melakukan sesuatu perbuatan; penerapan; pemain; yang melakukan suatu perbuatan; subjek dalam suatu kalimat dan sebagainya; yang merupakan pelaku utama dalam perubahan situasi tertentu; seseorang yang tidak harus seorang actor; yang menampilkan tokoh dalam pertunjukkan.

Aku adalah pelaku dalam Cerpen artinya Aku yang memosisikan Penulis dalam menyusun Cerpen dan melakukan sesuatu perbuatan; penerapan; pemain; melalui ragam gaya bahasa yang disusunnya.

Ketika kita mengisahkan suatu pengalaman kepada orang lain, kita bertindak sebagai pelaku cerita itu atau kita hanya menceritakan pengalaman orang lain (dia). Proses interaksi kita pada suatu perbuatan dan suatu perbincangan, pelaku adalah yang melakonkan suatu peristiwanya. Jadi ada dua pilihan, 1) aku sebagai pelaku; 2) aku sebagai orang yang menceritakan. Kepentingan kisahan tersebut tetap, adalah aku. Dalam bahasa teori ada aku sebagai orang pertama, kedua atau sebagai orang ke tiga. 

Pada Cerpen, aku sebagai pelaku, teman/lawan pelaku, dan orang yang menceritakan, adalah kembali pada alam atau sembunyikan aku pada kelembutan alam. 

Catatan admin

Tulisan serial menulis cerpen disarikan atas izin penulis dari makalah Dr. Endang Kasupardi yang berjudul “Ini Hanya Tips Menulis Cerpen Gaya Selingkung” disajikan pada kegiatan Bincang Penulis Socius Writers Club edisi Maret 2021, Rabu 24 Maret 2021 pukul 13.00-15.30.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s