Seri Menulis Cerpen (6): Diksi Atau Pilihan Kata

Oleh: Endang Kasupardi

Diksi atau pilihan kata. jika pilihan kata maka ada kata yang dipilih. dari mana kita memilih kata? jawabnya dari kelompok kata. dari mana kelompok kata ada? jawabnya dari kata. Nah kata-kata itulah yang kemudian kita pilih untuk dijadikan kalimat. Setelah menjadi kalimat maka akan menjadi paragraf.

Maknanya dari pilihan kata itu, adalah memilih kata yang dapat menggambarkan isi hati kita. setelah kata yang ada dan menggambarkan hati kita maka selanjutnya buatlah kata itu menarik. 

Susunan kata yang menarik itu dinamakan gaya bahasa. Gaya bahasa tergantung keinginan, apakah ingin gaya bahasa umpama? dinamakan metonimia. Jika gaya bahasanya ingin seperti prilaku manusia maka gunakan metaphora. Jika ingin gaya bahsanya sesuatu itu bagus, besar tapi ingin dikecilkan, direndahkan maka gunakan litotes. jika ingin dilembutkan maka gunakan eufemisme. jika hal kecil ingin dibesar besarkan maka gunaka hiperbola. jika ingin menggunakan sindiran gunakan satir. jika ingin menyindir tapi lembut gunakan ironi. jika ingin menyindir tapi kasar gunakan sarkasme.

Kata yang kita pilih sesuaikan dengan keinginan kita dan cara kita dalam menyusun isi, maksud dan tujuan yang kita inginkan dalam menyusun sebuah Cerpen. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s