Seri Menulis Cerpen (2): Tinjauan Cerpen dari Sudut Teori

Oleh Endang Kasupardi

Teori Cerpen
TEORI Cerita pendek adalah patokan dasar atau garis-garis dasar kisahan dan tingkat kemasukakalan (logis), sedangkan teoretis cerpen adalah suatu tindakan , acuan dalam menyusun cerpen berdasarkan teori cerpen itu sendiri. Kedudukan teoretis sebagai pelaksana langkah-langkah teori yang menjadi pedoman, konsep-konsep, pandangan sistematis dari suatu permasalahan, sehingga menjadi dasar atau keterangan mengenai suatu peristiwa.

Konsep Cerpen
Konsep Cerpen adalah: Rancangan buram kisahan yang berada dalam wilayah ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret namun me njadi gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar permasalahan kisahan, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain dalam kisahan tersebut.

Konteks Cerpen
Konteks Cerpen adalah bagian suatu uraian atau kalimat yang dapat mendukung atau menambah kejelasan makna dari kisahan atau situasi yang ada hubungannya dengan suatu kejadian.

Terminologi Cerpen
Terminologi Cerpen adalah; peristilahan tentang kata-kata yang menjadi patokan dasar atau batasan, pengertian dan istilah yang digunakan sehingga menjadi sebuah kata atau lebih saat menguraikan kisahan dan menyimpulkan kisahan tersebut.

Etimologi Cerpen
Etimologi Cerpen adalah suatu kegiatan telaah yang yang menyelidiki asal-usul kata cerpen serta perubahan dalam bentuk dan makna kisahan tersebut. Cerpen sebagai sebuah kisahan pendek, yang langsung pada sasaran dan tujuan kisahan tersebut.

Morfologi cerpen
Morfologi Cerpen adalah: telaah tentang kisahan yang disusun atas bentuk unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang mempengaruhi bentuk kisahan yang dibangun.

Sumber cerpen
Sumber cerpen tidak lepas dari alam, pengalaman, pengetahuan, ilmu, ilmu pengetahuan, dan teori sebagai abstraksi dari kisahan yang disajikan.

Pendekatan Cerpen
Pendekatan Cerpen adalah proses, cara, perbuatan mendekati (hendak berdamai, bersahabat, dan sebagainya) dari seorang penyusun dalam menyajikan pengalamannya yang dikisahkan agar benar-benar masuk akan para pembacanya. Pendekatan ini merupakan usaha penulis dalam rangkan memberikan hubungan yang berkesinambungan terhadap penyajian atau pengisahan penulis agar pembaca memahami dan tidak menyita wakatu. Cerpen melalui pendektannya berusaha menghibur pembaca dan pengisi waktu luang.

Strategi cerpen
Strategi cerpen adalah pengerahan usaha pengetahuan, dan kemampuan yang dimiliki penulis dalam mengisahkan permasalahan sehingga kisahan memiliki daya tarik untuk dibaca orang lain. Usaha penulis dalam menyusun cerpen yang menarik minat pembaca merupakan pengerahan upaya penulis dalam mengisi waktu luang pembaca, strategi cerpen pun merupakan kisahan yang menyajikan permasalahan yang dapat menunjukkan titik terang posisi penulis dalam kisahan dan posisi pembaca dalam kisahan.

Metode Cerpen
Metode Cerpen, cara teratur dan terukur yang digunakan penulis dalam kisahan agar tercapai tujuan kisahan disusun penulis.

Model cerpen
Model Cerpen adalah pola, contoh, acuan, ragam kisahan yang disusun penulis berdasarkan pada pengalaman individu penulis atau kisahan orang lain yang dituturkan penulis. Boleh jadi cerpen kita atau cerpen yang dihasilkan orang lain adalah wujud kisahan yang menjadi dasar penyusunan kisahan dalam cerita pendek.

Teknik cerpen
Teknik Cerpen kemampuan mewujudkan pengetahuan dalam menyusun cerita pendek sehingga kisahan dapat berwujud dan menarik perhatian pembaca.
Taktik cerpen
Taktik cerpen adalah perencanaan dan tindakan penulis dengan menggunakan sistem penyusunan kisahan sehingga mencapai tujuan yang diinginkan penulis.

Catatan Admin

Tulisan serial menulis cerpen disarikan atas izin penulis dari makalah Dr. Endang Kasupardi yang berjudul “Ini Hanya Tips Menulis Cerpen Gaya Selingkung” disajikan pada kegiatan Bincang Penulis Socius Writers Club edisi Maret 2021, Rabu 24 Maret 2021 pukul 13.00-15.30.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s